Selasa, Mei 16, 2006

BALI SKINHEAD JAMBORE - INDONESIA BERSATU

Denpasar - Bali

Sebuah konser musik bertajuk " BALI SKINHEAD JAMBORE - INDONESIA BERSATU " akan digelar di Kuta tanggal 20 Mei mendatang. Selain untuk menyatukan komunitas skinhead (pengusung musik Oi! Punk Rock Klasik) se-Indonesia, konser ini juga digelar untuk membangkitkan rasa nasionalisme khususnya di kalangan generasi muda.

Konser yang berlangsung di hari Kebangkitan Nasional ini dimeriahkan beberapa band Oi! dari di Jawa-Bali seperti The End (Jakarta), Plester-X (Surabaya), No Mans Land, Botol, Prussian Gestapoe (Malang), serta beberapa band Punk & Metal Oi! lokal Bali seperti The Stomper, The Resistance, Revolusi, The Nipple, Rest ‘N’ Chy, Super Mario dan The Bois.

Selain membawakan lagu-lagu ciptaan sendiri, grup band Oi! yang tampil juga akan membawakan beberapa lagu-lagu band Oi! legendaris seperti Sham69, The Business, Cock Sparrer, Manace, The Templars, On File, Blitz dan beberapa grup Band Oi! legendaris lainnya.

Menurut salah satu panitia konser Bali Skinhead Jambore, I Ketut Adi Sutrisna, Konser ini dilatarbelakangi pemikiran adanya berbagai peristiwa di indonesia yang mengarah pada disintegrasi bangsa, seperti kasus Aceh, Papua dan beberapa provinsi lainnya yang berujung pada keinginan untuk keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Melalui konser ini kita berharap rasa nasionalisme kaum muda bisa dibangkitkan dan semakin mencintai tanah air Indonesia" kata pria yang akrab dipanggil Centong ini.

Centong menambahkan, format konser Punk Rock Klasik atau Oi! musik dipilih dengan harapan pesan yang ingin disampaikan lebih cepat diterima kalangan muda. Selain itu ajang ini juga untuk mempersatukan komunitas Skinhead (pengusung dan pecinta musik Punk Rock Klasik) di Indonesia yang selama ini eksistensinya tidak begitu terlihat. Selain untuk memupuk rasa nasionalisme konser Bali Skinhead Jambore ini juga memberikan pesan bagi kalangan generasi muda untuk selalu bekerja keras, solidaritas antar sesama manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Kata Skinhead dalam konteks ini menurut salah satu panitia acara ini lebih berkonotasi positif yakni komunitas yang perduli pada masalah sosial serta menjunjung tinggi solidaritas atau persaudaraan. "Nama Skinhead merujuk kepada para pengikut budaya musik Punk Rock Klasik yang rambutnya dipangkas botak atau gundul. Meskipun Skinhead banyak diasosiasikan dengan kelompok orang-orang yang rasis dan Neo-Nazi, namun Skinhead yang sebenarnya tidaklah Neo-Nazi. Pada awalnya Skinhead adalah kaum tertindas dari kelas pekerja, utamanya buruh pelabuhan dan buruh pabrik," jelasnya.

"Konser ini akan berlangsung di Jak Resto Kuta selama sehari dan merupakan hasil kerjasama RumahMedia.com selaku event organizer dan komunitas Denpasar Punk ‘N’ Skin. “ Komunitas Oi! dari luar Bali sudah menyambut antusias dan menyatakan ketertarikannya untuk bisa hadir di event ini" kata centong. (Nelson Castro - Skinhead Journalist)

- www.baliskinheadjambore.com -

7 komentar:

Anonim mengatakan...

whats up???
maw nanya ney,....
band2 yang maen ntar di skinhead jambore cuman itu aja yow????
denger2 band 'SIXHUNDREDSIXTYSIX' juga ikut maen ya??? tapi koq ga tercantum sana ya???
thanks yow,.....

Anonim mengatakan...

whats up???
maw nanya ney,....
band2 yang maen ntar di skinhead jambore cuman itu aja yow????
denger2 band 'SIXHUNDREDSIXTYSIX' juga ikut maen ya??? tapi koq ga tercantum sana ya???
thanks yow,.....

Benny Damarhadi mengatakan...

Maybe ikut, tapi kan ga mungkin kalo dicatet semua...

Ntar ga ada surprise :D

Anonim mengatakan...

oke dwek kalo gitu,....
thanks yow,.....
aw tunggu kabar terbaru lainnya!!!!

Anonim mengatakan...

alo benny gw mau tanya nih acara INDONESIA BERSATU knp gak di senayan kaya waktu ituh ko malah di bali.... jauh2xin amet?? ok TQ

Anonim mengatakan...

koq cuma oi! doank.. ska & reggea !!!!!!!?????????

Anonim mengatakan...

hi......
salam oi dari kami......
mau tanya...
boleh ikut main gak?????
kami dari band skinhead denpasar namanya pristol boots...
kalo ada informasi,,tolong e-mail ke rah_dek@ymail.com y.......thanks.....