Senin, Mei 15, 2006

Stop Urbanisasi

Ya, hari ini senin lagi ...

Seminggu yang lalu dan minggu depan sama dengan hari ini, senin. Yang membedakan dari seminggu yang lalu adalah pada hawa dingin yang cukup menggigit perjalanan dari Bumiayu ke Purwokerto pagi ini, pertanda dimulainya musim kemarau. Waktu berlalu sangat cepat saat ini, pertanda kiamat sudah dekat "kata pak Ustadz waktu pengajian di kampung". Ndak terasa sudah seminggu lagi berlalu, sebulan, setahun, dan sudah banyak hal yang dilalui.

Suasana di daerah tidak terlalu sibuk dihari ini, tepatnya di Purwokerto tempat aku kerja saat ini. Keramaian pagi lebih pada aktifitas pasar dan anak sekolah, mungkin sebagian mahasiswa dan sisanya para pekerja. Dan, lebih sedikit lagi para entrepreneur yang mungkin unseen karena memilih bekerja di rumah (home industri).

Beberapa waktu yang lalu, aku ngobrol banyak dengan kenalan di bus pas perjalanan dari Tegal ke Bumiayu. Bahwa, untuk mencari pengalaman sebaiknya ke jakarta dulu atau malah menjadi wajib 'ain bagi Fresh Graduates macam aku ini. Cari pengalaman sebanyaknya, pelajari, hayati dan amalkan di daerah. Dan, aku mengamini nasehat mereka karena memang di Jakarta tempat untuk belajar. Namun, saat ini aku masih mencoba untuk stay di daerah. Melihat peluang yang ada (dan memang sangat banyak) untuk kemudian mapping kebutuhan knowledge, syukur bisa nemu di internet atau pahit-pahitnya ngambil course lagi di jogja yang harganya cukup miring :). Jadi, aku memang butuh ke Jakarta namun belum pengen. Sekalian, kalo perlu aku bikin kerjasama dengan beberapa company di Jakarta yang menginginkan untuk ekspansi ke daerah dalam bidang ICT. Simpel saja, aku pribadi punya item yang bisa dijual dan untuk item-item yang aku ndak handle sendiri cukup jadi broker.

Ok, mungkin beberapa saat lagi aku bisa menyerukan "Stop Urbanisasi". Bikin situs stop.urbanisasi.or.id yang membahas peluang dan cara kerja di daerah dalam berbagai bidang. Kemudian bikin seminar/workshop bareng pemerhati UKM dan penyandang dana. Dan yang terakhir, nggak cuma OMDO :D

2 komentar:

golda mengatakan...

koq aku bacanya stop masturbasi yah? hihihi :p

damarhadi mengatakan...

@golda
ya ampun, kalo masturbambang yang satu itu aku nggak nyaranin ...
but, maybe next time golda nulis soal itu. in your way, exactly ^_^